Yuk Cari Tahu Tentang Sayur Kale!

Buah Bet yang bermanfaat, Banyak orang tidak mengetahuinya manfaatnya
March 21, 2018
Buah Duku, Kandungan dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
April 2, 2018

Kale merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tidak kalah dari bayam, kol, brokoli dan sayuran lainnya. Kale (Brassica oleracea acephala) memiliki beberapa variasi jenis, ada yang berwarna hijau dan ungu kebiruan. Berbeda dengan brokoli dan keluarga kubis lainnya, kale tidak membentuk kepala.

Kale mulai banyak dikenal di Indonesia dan dapat ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Bogor dan Bandung. Di Eropa, Amerika dan Jepang, Kale dianggap sebagai ratunya sayuran.
Pada umumnya kale dikonsumsi sebagai campuran salad dan smoothies. Masyarakat Jepang menghidangkan sayur kale dengan cara di jus yang disebut aojiru, dianggap ampuh untuk anda yang sedang diet.

Kale mangandung hampir seluruh jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B6, vitamin C, vitamin k, Thiamin, riboflavin, niasin, asam folat, dan kolin. Selain itu, kale juga kaya akan mineral seperti, fosfor, magnesium, mangan, zat besi dan garam seperti Na, K, dan Zn.

Sebaiknya tidak mengonsumsi sayur kale dalam jumlah banyak secara rutin. Kale tergolong ke dalam sayuran cruciferous. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Cruciferous dapat secara nyata mengurangi resiko terkena serangan berbagai jenis penyakit kanker. Kale memiliki glucosionate yang berpotensi untuk membesarkan kelenjar tiroid.

Bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya masukan kale ke dalam menu diet anda. Kale dapat disantap bersama salad sebagai makanan bebas lemak. Jumlah serat yang tinggi, rendah kalori, lemak dan gula, menjadikan sayur ini sebagai makanan diet terbaik.  Sayur kale memiliki kandungan vitamin E dan omega 3 yang melimpah. Dengan mengonsumsi kale, rambut akan tubuh lebih cepat dan kulitpun lebih cerah.

Berikut adalah beberapa manfaat kale bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan jantung
Kale memiliki sekitar 35 kalori, tanpa adanya kandungan lemah yang tinggi.  Maka darii tulah kale sangat membantu anda dalam menurunkan kolesterol tinggi dan terutama dapat menyehatkan jantung anda.

2. Menjaga kesehatan mata
Dari setiap 100 gr kale di segar terdapat kandungan vitamin A sebesar 9500 IU di dalamnya. Kandungan yang tinggi tersebut teklah memadai kebutuhan vitamin A harian anda. Vitamin A sendiri sangat di butuhkan tubuh untuk mengaja kesehatan indera penglihatan kita. Kandungan zeaxanthin dalam sayur kale sangat di butuhkan retina sebagai antioksidan sekaligus pelinmdung mata. Dengan mengonsumsi daun kale secara teratur juga dapat menghindarkan kita dari gangguan mata katarak terlebih pada lansia.

3. Melancarkan pencernaan
Kale dapat mencegah berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan, seperti halnya sembelit, dan sulit BAB. Hal tersebut di karenakan masih terkait dengan kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya.

4. Mencegah penyakit anemia
Kandungan zat besi serta asam folat yang terdapat dalam jenis sayur yang satu ini di ketahui cukup tinggi.  Adapun kedua zat tersebut sangat di butuhkan dalam pembentukan hemoglobin yang dapat mencegah terjadinya penyakit kurang darah.

5. Mengatasi arthritis
Makan sup kale secara rutin ternyata dapat mengobati penyakit arthritis secara alami lho. Alasannya karena di dalam kale juga terkandung sifat anti inflamasi dan juga kandungan omega-3 yang cukup tinggi. Selain itu, sup kale juga sangat cocok di konsumsi oleh penderita asma dan juga penyakit autoimun.

6. Pencegahan terhadap penyakit liver
Kale juga sangat bermanfaat dalam mengluarkan racun yang ada di dalam tuhuh. Efektivitas tersebut terletak pada kandungan sulfur dan juga serat yang melimpah. Perbanyaklah mengonsumsi sayuran yang satu ini untuk proses detoksifikasi alami, sehingga anda dapat terhindar dari penyakit liver.

7. Pencegahan terhadap tulang keropos
Seperti yang telah kita ketahui, bahwasannya kalsium adalah salah satu kandungan yang sangat berperan penting dalam mnjaga kesehatan tulang. Dan kandungan yang satu ini bissa kita temukan pada manfaat daun kale ini. Selain itu, terdapat kandungan vitamin K di dalamnya, sehingga sangat cocok di konsumsi oleh wanita yang sangat rentan terkena penyakit  osteoporosis.

8. Mencegan penyakit kanker dan alzheimer
Daun kale ternyata sangat kaya akan kandungan vitamin K dan juga fitonutrien di dalamya. Kedua nutrisi tersebut nyatanya sangat efektif dalam hal pencegehan kanker dan baik untuk pencernaan. Selain dari pada iotu, kandungan vitamin K juga sangat baik dalam pembekuan darah, yang dapat memicu keruksakan saraf di otak seperti penyakit alzheimer.

Manfaat sayur kale selain untuk kesehatan

Selain untuk kesehatan, kandungan yang terdapat dalam ke ini ternyata juga sangat baik untuk diet dan kecantikan.

  • Manfaat sayur kale untuk diet

Bagi anda yang kini tengah menjalani priogram diet, pastikan sayur kale di masukkan dalam menu diet anda, anda bisa menyantapnya bersama salad sebagai makanan bebas lemak. Jumlah seratnya yang sangat tinggi dan rendah lemak, kalori juga gula, menjadikan sayuran ini sebagai makanan diet terbaik. Bahkan di negara Jepang, daun kale ini terkenal  di olah sebagai minuman jus yang di namai aojiru, yang mereka anggap sebagai minuman super untuk melakukan diet sehat.

  • Manfaat dau kale untuk menyehatkan kulit dan rambut

Kandungan omega 3 dan vitaminE yang melimpah di dalamnya, memiliki manfaat baik untuk meningkatkan kesehatan kuylit dan juga rambut. Bahkan dengan rutin mengonsumsi jenis daun sayur ini dalam jumlah yang tidak berlebihan, di percaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut dan mencerahkan kulit secara alami.

 

jangan lupa like dan follow kita ya
www.totalbuah.id
Total Buah Segar
@totalbuahsegar
@totalbuah

Comments are closed.