Fakta Unik Buah Jambu Dan Banyak Manfaat

Buah Mariksa yang bermanfaat bagi kesehatan
September 18, 2018
Buah Wajib Makan di Musim Hujan
September 21, 2018

Jika Anda mengalami demam berdarah, tidak asing lagi pasti jambu yang dianjurkan untuk Anda. Buah yang banyak ditemukan di Indonesia ini merupakan buah tropis yang lezat dan kaya akan zat gizi lho. Menambahkan buah jambu ke dalam menu makanan Anda sehari-hari merupakan pilihan cerdas untuk menjaga kesehatan.Sedangkan untuk daun jambu biji putih sendiri memiliki kandungan zat yang juga sangat bermanfaat, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Maka dari itu, buah jambu biji putih memiliki manfaat bagi kesehatan yang jelas sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan serta bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah Anda.

Nah, di bawah ini ada beberapa manfaat jambu biji putih yang memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, yaitu sebagai berikut

1. Buah jambu dapat mengobati Diare

Tanaman jambu biji memiliki astringen, yakni zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Setelah kita mengunyah buah ini, gusi akan terasa lebih segar. Selain itu, daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare. Pembunuh bakteri dalam buah ini adalah karatenoid, potasium, dan tentunya vitamin C.

2. Menjaga kesehatan jantung

Buah jambu biji baik berbentuk jus maupun buah utuh dapat menjaga kesehatan jantung dengan beberapa cara. Banyak peneliti percaya bahwa tingginya antioksidan dan vitamin pada jambu inilah yang melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas

Jambu biji  juga dianggap sebagai buah pengikat kolesterol karena mengandung tinggi serat larut air. Serat golongan ini dapat mengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan penyerapan lemak dan kolesterol darah. Karena itu, mengonsumsi jambu dapat mencegah penyakit jantung atau meringankan penyakit jantung yang sudah diderita.

Tidak kalah dengan buah pisang yang terkenal sebagai buah berkalium tinggi, kandungan kalium jambu juga sama tingginya. Kehadiran kalium dapat membantu regulasi tekanan darah di dalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi stabil.

3. Membantu menurunkan berat badan

Jambu biji termasuk buah yang kaya akan serat. Jambu memberikan efek cepat mengenyangkan perut dan menjaga rasa lapar muncul kembali dalam waktu yang cukup lama. Karena itu, tidak heran jika jambu merupakan buah yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Selain itu, jambu juga mengandung sedikit jumlah gula.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitamin C di dalam jambu biji membuat buah ini mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dari paparan infeksi. Kadar vitamin jambu ini 4 kali lebih tinggi dari kandungan vitamin C pada jeruk.

Tingginya vitamin C pada jambu biji ini tidak mengherankan jika akhirnya bisa membantu penyembuhan atau mencegah terjadinya beberapa kejadian infeksi dari mulai sariawan, pilek, dan juga batuk.

Vitamin C dari jambu ini akan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh untuk menghambat aktivitas mikroba yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, jambu bisa mencegah terjadinya infeksi maupun mempersingkat durasi terjadinya infeksi.

5. Sebagai antiseptik dan menjaga sistem pencernaan tubuh

Buah jambu mengandung zat antibakteri terhadap bakteri yang menyebabkan infeksi akut yang menyerang usus seperti bakteri Staphyloccocus.  Selain itu, serat yang terkandung dalam buah jambu juga membantu pergerakan usus dan membersihkan usus secara menyeluruh. Karena kandungan serat ini, jambu sangat membantu mencegah terjadinya sembelit.
Nah, itulah beberapa manfaat jambu biji putih yang akan Anda dapatkan ketika Anda rutin untuk mengkonsumsinya. Semoga dengan Anda mengkonsumsi jambu biji putih, Anda akan terhindar dari serangan penyakit yang berbahaya.

 

jangan lupa like dan follow kita ya
www.totalbuah.id
Total Buah Segar
@totalbuahsegar
@totalbuah

Comments are closed.