Sayur Caisim/Sawi hijau dan rentetan manfaatnya bagi tubuh

Mengenal Khasiat dan Manfaat sayur Asparagus Bagi Kesehatan
March 13, 2018
Mengkonsumsi Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan
March 15, 2018

 

Caisim atau yang dikenal dengan nama Sawi Hijau atau Sawi Bakso memiliki nama latin Brassica rapa subsp. Chinensis merupakan jenis sayuran yang populer di kalangan masyarakat karena dianggap sebagai sayuran yang paling tepat untuk dipadu padankan dengan masakan ringan kelas rumahan, seperti mi instant, sayuran pendamping ke dalam kuah bakso juga sangat cocok untuk dijadikan asinan.

Menurut penelitian, warna hijau pada sayur atau buah mengandung zat lutein dan zeaxantin. Kedua zat ini terdapat di dalam mata dan membantu mencegah kerusakan mata di usia tua. Sebagai salah satu sayuran yang memiliki warna hijau, Caisim mengambil peran untuk mempertahankan dan memperbaiki kesehatan mata setiap individu yang mengonsumsinya dan hal ini sudah menjadi rahasia umum bagi banyak kalangan.

Selain berpegang pada pengetahuan umum mengenai kemampuan “Si Sayur Hijau” untuk mempertahankan kualitas penglihatan, masyarakat umum memilih mengonsumsi Caisim karena faktor rasa. Bahkan untuk beberapa kalangan, pilihan jatuh pada Caisim disebabkan oleh faktor harga.

Disamping kemampuannya untuk mempertahankan kualitas mata, berdasarkan komponen gizi yang terkandung di dalamnya, Caisim juga memiliki kemampuan sebagai pembentuk antibody, penyembuh luka dan meregenerasi sel terutama kulit, sebagai penyeimbang asam basa dengan cairan tubuh, dengan cara menjaga stabilitas ph cairan yang ada di dalam tubuh itu sendiri, sebagai pengatur metabolisme tubuh, dan sebagai penghancur dan penetral zat-zat asing yang terdapat di dalam tubuh, sebagai pembentuk otot, sehingga akan mendukung pertumbuhan pada anak-anak serta remaja. Fungsi – fungsi ini terbentuk dari komponen protein yang terkandung di dalam Caisim.

Karbohidrat yang terkandung di dalam Caisim sendiri juga berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Fungsi lain yang diperoleh dari karbohidrat yang terkandung bagi konsumen adalah sebagai pemasok energi. Dalam 1 gram karbohidrat mampu menghasilkan 4 kkalori yang melalui proses pembakaran kimiawi di dalam tubuh akan menjadi sumber energi. Di samping itu, Karbohidrat juga berfungsi untuk mengoptimalkan kerja protein. Karena apabila tubuh mengalami kekurangan asupan karbohidrat, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan zat pembentuk tubuh.

Dan berbagai fungsi lain yang diperoleh dari kandungan komponen kimia yang terdapat di dalamnya. Fungsi-fungsi ini akan dimaksimalkan dengan tambahan kandungan komponen gizi yang diperoleh dari bahan baku lain yang juga mengandung komponen gizi yang sama dan komponen gizi pelengkap yang berbeda dari kandungan gizi bahan lainnya.

 

jangan lupa like dan follow kita ya
www.totalbuah.id
Total Buah Segar
@totalbuahsegar
@totalbuah

Comments are closed.