5 Buah Dengan Antioksidan Tertinggi

20 Buah Sehat untuk Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua
July 15, 2017
Pepaya obat Asam Urat?
January 15, 2018

5 Buah Dengan Antioksidan Tertinggi

Antioksidan merupakan zat yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan efek dari radikal bebas yang mempunyai sifat merusak sel sehat. Kadar Oksidan didalam tubuh kita pastinya semakin tinggi apabila kita hidup di lingkungan yang penuh dengan polusi maupun bila gaya hidup kita yang terlalu buruk.

Kadar Oksidan yang tinggi di dalam tubuh kita akan menyebabkan penyakit-penyakit seperti jantung, kanker, tekanan darah tinggi, maupun kurangnya kekebalan tubuh.

Di alam sendiri, banyak sekali buah-buahan yang mengandung Antioksidan. Nutrisi-nutrisi seperti vitamin E, selenium, lutein, beta-karoten, merupakan Antioksidan yang bagus. Berikut ini buah-buahan yang mengandung Antioksidan yang tinggi.

5 Buah Dengan Antioksidan Tertinggi

1. Blueberry

Buah ini berasal dari Amerika Utara, dan tumbuh di musim panas. Blueberry merupakan tumbuh-tumbuhan liar seperti semak. Khasiat yang terkandung didalam Blueberry sendiri sangat banyak.

Di Indonesia sendiri, kita hanya dapat menikmati Blueberry dalam bentuk olahan saja. Rasa buahnya yang agak asam, biasa dijadikan sebagai selai, ataupun topping berbagai makanan.

Manfaat-Buah-Blueberry

Kandungan Bluberry sangatlah bagus untuk kesehatan, karena mempunyai kandungan mineral seperti mangan, kalsium, zat besi, kalium, dan seng. Selain itu, Blueberry juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, C, E, K, karbohidrat, lemak, dan antisinin.

Antisinin inilah yang merupakan zat antioksidan yang mampu menghambat perkembangan sel kanker, serta baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

2. Blackberry

Buah yang termasuk kedalam berry-berry-an ini juga mengandung Antioksidan yang sangat bagus. Kandungan nutrisi yang ada didalam Blackberry adalah:Manfaat Buah Blackberry

Antioksidan. Vitamin C yang terkandung didalam Blackberry sangat tinggi. Dengan banyak mengkonsumsi Blackberry, akan membantu kita menurunkan resiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mampu melindungi kulit dari keriput.
Fitoestrogen. Kandungan ini membantu menghilangkan gejala umum PMS. Bahkan, pada hasil penelitian terbaru, Fitoestrogen ini membantu kita meningkatkan fungsi otak dan kekebalan tubuh.
Vitamin K. Vitamin K ini berfungsi dalam pembekuan darah dan penguatan tulang.
Serat. Untuk satu cangkir Blackberry, anda sudah dapat memenuhi kebutuhan serat untuk satu hari. Serat sangat penting untuk melancarkan pencernaan kita.

3. Strawberry

Buah ini merupakan salah satu buah yang paling populer di dunia. Karena aroma, bentuk, dan rasanya yang unik. Dalam setiap Strawberry, mempunyai kandungan flavanoids, dan phenolic acids. Selain itu, juga mempunyai kandungan fisetin dan Antioksidan yang sangat tinggi.

Manfaat-Dan-Kandungan-Buah-Strawberry

Dalam setiap kandungan Strawberry, mempunyai manfaat untuk tubuh. Berikut manfaat Strawberry:

Diet. Karena mengandung serat yang tinggi, Strawberry dapat membantu memperlancar pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.
Kesehatan Tulang. Strawberry mengandung mangan yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain mangan, Strawberry juga mengandung magnesium, potasium, dan vitamin K.
Anti Inflamasi. Senyawa fenol pada Strawberry mempunyai manfaat untuk melawan gangguan inflamasi seperti asma, dan aterosklerosis.
Anti Kanker. Kandungan Anti Inflamasi dan Antioksidan yang tinggi dalam Strawberry dapat melawan timbulnya berbagai kanker. Selain itu, vitamin C, folat, dan flavonoid yang terkandung didalamnya juga membantu untuk membentuk pertahanan tubuh melawan sel-sel kanker.
4. Raspberry

Buah yang masih dalam kerabat berry-berry-an ini memiliki manfaat seperti, membakar lemak, mengurangi risko penyakit jantung, penyakit hati, dan juga dapat memperbaiki kesuburan wanita dan pria.

Kandungan-Raspberry

Manfaat-manfaat tersebut bisa didapat dikarenakan Raspberry mengandung vitamin C, dan magnesium yang tinggi. Kandungan Antioksidannya yang tinggi juga membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Asam ellagic dalam Raspberry juga membantu untuk mengurangi risiko penyakit jantung, menghilangkan kolesterol jahat, dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Manggis

Buah primadona daerah tropis ini mempunyai banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Buah manggis merupakan sumber Antioksidan, antijamur, dan antibakteri.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, kulit manggis pun mempunyai kandungan yang bagus bagi kesehatan tubuh. Sehingga tidak mengherankan bila buah ini disebut sebagai “Ratunya Buah-Buahan”.

Manfaat-Buah-Manggis

Berikut manfaat manggis bagi kesehatan:

Anti Kanker. Didalam kulit manggis terdapat zat xanthones. Zat ini merupakan zat anti kanker, anti inflamasi dan anti bakteri. Berdasarkan hasil penelitian, Xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.
Kesehatan Kulit. Antioksidan yang tinggi dalam manggis membantu mengurangi resiko penyakit kulit seperti radang kulit, penuaan kulit, eksim, alergi maupun infeksi.
Sistem Kekebalan. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi, mineral, vitamin, dan xanthon, akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.
Diare dan Disentri. Buah manggis dan kulitnya merupakan obat alami untuk gangguan pencernaan seperti diare dan disentri.

Banyak sekali bukan ternyata manfaat dari Antioksidan itu ? Sehingga saat ini banyak sekali bermunculan obat-obat ataupun minuman dengan kandungan Antioksidan yang tinggi. Bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat dari Antioksidan, bisa dengan cara mengkonsumsi buah-buahan diatas, maupun dengan cara meminum jus atau minuman atau olahan bahan-bahan yang mengandung Antioksidan.

Comments are closed.